Memberikan informasi kesehatan dan kecantikan disertai info tentang penyakit

Kenali dan Waspada Penyakit Kecanduan Ponsel

Nomophobia merupakan istilah yang pertama kali ditemukan oleh para peneliti Inggris selama 2008 untuk menandakan orang-orang yang mengalami kecanduan ponsel atau kecemasan saat mereka tidak mempunyai akses ke jaringan teknologi mobile seperti telepon seluler mereka.

Bukan hanya sekedar istilah yang telah berkembang sejak 2008, sebuah studi yang terbaru dari sejumlah 1.000 orang menunjukkan bahwa persentase orang-orang yang takut kehilangan ponsel mereka telah meningkat dari 53% menjadi 66%.

Mereka berumur antara 18 dan 24 yang paling bergantung pada teknologi ponsel. Tujuh puluh tujuh persen merasa tidak nyaman jika jauh dari ponsel mereka selama lebih dari beberapa menit. Mereka yang berumur 25 sampai 34 hanya sedikit perbedaan persentasenya, dengan 68% menyatakan perasaan yang sama.

Nomophobia merupakan istilah yang pertama kali ditemukan oleh para peneliti Inggris selama 2008

Perasaan gelisah jika dirinya tidak memegang ponsel menunjukkan dirinya termasuk dalam tanda-tanda nomophobia. Orang yang terkena menderita nomophobia di dalams laporan penelitian menunjukkan tidak sanggup untuk tidak menggunakan ponsel dalam waktu yang lama. Mereka khawatir jika ponsel atau handphone mereka habis daya baterainya. Mereka terus-menerus memeriksa email apakah ada email masuk dan pesan teks baru atau panggilan masuk. Hingga mereka bahkan tidak meletakkan ponsel mereka jika ingin pergi ke kamar kecil.

Ini sepertinya terdengar seperti sesuatu hal yang biasa. Benarkah demikian? Tentu saja tidak. Ketika manusia merasa kehilangan tanpa bisa menggunakan teknologi mobile ketika dikaitkan dengan suasana hati mereka dan membuat mereka merasa aman dan tidak hampa, maka mereka akan lebih sering membatasi kontak interpersonal (kontak dengan manusia lainnya) yang mengganggu akses mereka terhadap penggunaan teknologi tersebut. Itu bisa berarti kurang aktivitas untuk bergaul di luar rumah, percakapan yang kurang, kedekatan yang kurang dan kurangnya ketergantungan pada kemampuan pengetahuan sendiri dan kemampuan untuk menyusun waktu dan tugas.
Dibutuhkan tindakan apa pun untuk merasa normal dan bebas dari kecanduan ponsel

Oleh karena itu seharusnya tidak mengherankan dan merupakan sebuah langkah awal, jika sebuah pengobatan kecanduan terkemuka dan pusat pemulihan alkhol telah mendirikan kelompok pertama untuk pemulihan orang yang menderita nomophobia. Kelompok, gagasan 

Dr Elizabeth Waterman dari Morningside Recovery Center di California, membantu orang mengenali tanda-tanda dan gejala penyakit ketergantungan yang berlebihan mereka pada teknologi ponsel mereka, mengeksplorasi akar psikologis kerentanan mereka untuk menjadi kecanduan dan menguasai emosi, kognitif dan teknik perilaku untuk mendapatkan kembali kebebasan mereka.

Semoga saja, program Morningside Recovery Center akan memotivasi orang lain untuk memimpin dalam mengatasi kecanduan teknologi yang benar-benar berlebihan termasuk masalah pesan ponsel dan update status setara Facebook dengan ketergantungan tembkau dan alkhol.

Meskipun kecanduan ponsel ini jelas tidak beracun untuk paru-paru seseorang atau hati sebagaimana kandungan zat bahaya dalam obat-obatan atau alkhol, tetapi itu bisa sama beracun untuk penentuan nasib seseorang dan hubungannya dan benar-benar dapat membuat orang lebih rentan terhadap kecanduan lainnya. 

Itu mungkin saja terjadi, pada kenyataannya teknologi ponsel bisa menjadi gerbang narkoba sebagai jalan untuk mencari cara menenangkan diri sendiri atau membebaskan dari rasa gelisah seperti menggunakan ganja atau alkhol agar tetap menjaga merasa nyaman. Karena orang-orang ini benar-benar memerlukan bantuan untuk menanggulangi masalah kecanduan ponsel tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenali dan Waspada Penyakit Kecanduan Ponsel

0 komentar:

Posting Komentar